Thursday, January 06, 2005

Usaha Kios Biru

BAB I
PEMBAHASAN

Gambaran Umum Kios Biru Kios
Biru didirikan oleh Bapak Achmad Kemuning sekitar dua tahun yang lalu. Kios ini berukuran 200 x 100 cm dan terletak di Jalan Bantul No. 52 Yogyakarta. Tempatnya cukup strategis karena terletak di dekat kampus dan perumahan masyarakat yang padat penduduknya.
Adapun pertimbangan Bapak Achmad Kemuning mendirikan Kios Biru adalah karena sekitar daerah tokonya ini tidak banyak orang yang berjualan. Radius toko yang berjualan di sekitar daerah itu adalah 100 meter. Maka dari itu dia melihat bahwa saingannya hanya sedikit dan pasar yang cukup baik.
Setelah beberapa tahun toko ini berdiri, Pak Achmad mencari teman yang dapat diajak bekerjasama untuk menjaga tokonya. Dan akhirnya dia mendapatkan 4 orang temannya yang bersedia bekerjasama, mereka adalah : Bapak Iskandar Bapak Morpil Bapak Bram Bapak Nunung

Sebagai owner atau pemilik Pak Achmad yang mengatur jadwal kerja para karyawannya. Selain itu Pak Achmad juga mempunyai tugas mencari barang dagangan yang hampir habis dan dia pula yang membagi hasil keuntungan. Kios Biru ini buka 24 jam jadi setiap karyawan mendapat jatah menjaga toko ini selama 6 jam dan mereka bertanggungjawab penuh atas kios tersebut. Manajemen penjualan di kios ini adalah barang yang dibeli oleh pembeli harus dicatat nama barang, harga dan banyak barangnya di dalam buku yang telah disediakan.

Macam Produk Yang Dijual
Barang-barang yang ada di Kios Biru ini tergolong lengkap untuk ukuran pedagang kecil. Produk yang dijual antara lain : obat, makanan ringan, mie instan, soft drink, sabun, shampoo, deterjen, telur, permen, majalah, koran, gula, teh, peralatan tulis menulis dll. Mereka mendapatkan suplai barang-barang mereka dari grosir yang cukup besar. Barang-barang yang sudah hampir habis dicatat, didaftar kemudian dipesan ke grosir dan grosir akan mengantarnya ke Kios Biru. Untuk majalah dan koran mereka mendapatkannya langsung dari agen.

Keunggulan Kios Biru
Salah satu keunggulan Kios Biru bila dibandingkan dengan toko-toko yang lain yang ada di sepanjang Jalan Bantul adalah kios ini BUKA 24 JAM. Jadi apabila ada seseorang yang mendadak memerlukan obat pada tengah malam, maka Kios Biru akan siap melayani. Selain itu, barang-barang yang dijual termasuk lengkap dan murah. Dan mungkin karena Pak Achmad dikenal sebagai orang yang baik hati dan supel oleh masyarakat sekitarnya, maka merekapun lebih senang membeli barang di Kios Biru.

Kelemahan Kios Biru
Satu-satunya kelemahan Kios Biru yang cukup dirasakan dari Kios Biru adalah luasnya yang hanya 200 x 100 cm saja, sehingga bagi orang-orang yang baru melihat pertama kali atau belum mengenal Kios Biru dengan baik pasti akan beranggapan kios ini tidak memiliki barang yang lengkap.

BAB II
PENUTUP
Kesimpulan
Kios Biru termasuk kedalam kelompok bisnis usaha kecil. Walaupun tempatnya hanya berukuran 200 x 100 cm, namun dengan kelebihannya yaitu buka 24 jam, Kios Biru mampu bersaing dengan toko-toko yang ada di Jalan Bantul pada khususnya. Keberhasilan suatu usaha kecil seperti Kios Biru milik Pak Achmad ini dicapai dengan kerja keras dan kepintaran memanfaatkan peluang bisnis yang ada, walaupun pada awalnya modal yang dipunyai tidak besar.
Saran
Saran yang penulis ingin sampaikan adalah agar Kios Biru memperluas tempat usahanya tersebut agar bagi calon konsumen yang baru pertama kali melihat tidak salah anggapan bahwa kios ini hanya menjual barang yang jumlahnya sedikit dan tidak lengkap.

No comments:

Post a Comment